Penilaian Kinerja Kepala Sekolah 2024

Di antara amal terbaik seorang hamba adalah menjaga dan menunaikan amanah yang diembannya

Sejarah Singkat

Yayasan Pendidikan Putra Satria

Yayasan Pendidikan Putra Satria (YPPS) didirikan pada tahun 1988 oleh beberapa tokoh dan Pemuka Masyarakat di Petukangan. Salah seorang pencetus gagasan pendirian Yayasan Pendidikan Putra Satria adalah H. Zahruddin, yang mana beliau adalah anak dari Tokoh Pahlawan Silat Beksi yaitu H. Godzali. Setelah H. Zahruddin wafat, kepemimpinan YPPS dilanjutkan oleh sang Istri ‘Hj. Tati Sumiyati’ dengan ditemani oleh H. Balkan Kaplale yang pada waktu itu adalah Anggota DPR RI

All That We Have Done

Pada tahun ini, kami fokus pada pengembangan keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri

Table Manner

Dengan menguasai table manner, para Peserta Didik diharapkan dapat membangun citra diri yang positif. Oleh karena itu, pelatihan dan pengetahuan tentang table manner menjadi investasi penting dalam meningkatkan kualitas diplomasi dalam menghadapi pasar kerja yang kompetitif.

Bisnis Center

Merupakan tempat untuk melakukan kegiatan usaha dagang dengan melibatkan unsur pendidikan sesuai dengan kompetensi keahlian yang ada di SMK Putra Satria

Unit Usaha

Kegiatan ini telah kami lakukan untuk semua jurusan yang ada di SMK Putra Satria. Dengan tujuan untuk menghasilkan pendapatan dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan para Peserta Didik, berupa kantin kuliner, toko ATK dan Servis HP.

Kelas Entrepreneur

Kelas kewirausahaan di SMK Putra Satria bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan kemandirian pada siswa diantaranya memberikan pengalaman nyata tentang wirausaha, memberikan pelatihan-pelatihan di luar keahlian yang diajarkan di jurusan masing-masing dan memberikan ilmu tentang pentingnya kewirausahaan

Guru Tamu

Tujuan diselenggarakannya program ini, adalah untuk mengenalkan secara konstekstual kepada siswa mengenai etos kerja yang unggul dalam dunia kerja yang sesungguhnya melalui narasumber yang langsung berasal dari industri atau instansi. Hal ini penting dilakukan mengingat salah satu elemen dalam program P5 tingkat SMK adalah kebekerjaan.

Pelatihan

Pelatihan di SMK Putra Satria bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam memasuki dunia kerja atau berwirausaha. Beberapa tujuan pelatihan ini di antaranya: Menguasai keahlian kejuruan, Mendapatkan sertifikasi nasional atau internasional, Mengembangkan keterampilan, Memperluas jaringan profesional, Mempersiapkan diri untuk menjadi anggota masyarakat yang produktif.

Unit Usaha YPPS

SMK Putra Satria

Menuju Sekolah Digital

Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat, di mana teknologi menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, sebagai lembaga pendidikan, kita memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan siswa-siswa kita agar dapat bersaing di era digital ini. Oleh karena itu, SMK Putra Satria sedang mempersiapkan langkah progresif dengan mengadopsi digitalisasi dalam semua lapisan kehidupan sekolah.

Digitalisasi bukan hanya tentang mengadopsi teknologi, tetapi tentang bagaimana teknologi dapat menjadi alat untuk meningkatkan kualitas pendidikan, efisiensi operasional, dan interaksi di antara seluruh anggota komunitas sekolah. Dalam hal ini, kita tidak hanya menyentuh sektor pembelajaran, tetapi juga administrasi, komunikasi, dan manajemen sumber daya.

Dalam aspek pembelajaran, integrasi teknologi memberikan kesempatan bagi guru-guru kita untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan berbasis kreativitas. Materi pembelajaran yang dapat diakses secara daring memungkinkan siswa untuk belajar di mana saja dan kapan saja, sesuai dengan gaya belajar masing-masing. Kita telah melihat bagaimana teknologi membuka pintu untuk pembelajaran kolaboratif dan peningkatan motivasi siswa.

Dari segi administrasi, proses-proses yang sebelumnya memakan waktu dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efisien melalui sistem manajemen sekolah berbasis digital. Ini tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga memungkinkan kita untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting, yaitu peningkatan kualitas pendidikan.

Dalam hal komunikasi, digitalisasi memungkinkan kita untuk terhubung lebih dekat dengan orang tua siswa. Portal sekolah online, aplikasi pesan, dan platform komunikasi lainnya memudahkan kita untuk berbagi informasi, prestasi, serta kegiatan yang melibatkan orang tua secara lebih real-time dan terbuka.

Terakhir, namun tidak kalah penting, dalam manajemen sumber daya, teknologi membantu kita untuk lebih efektif dalam mengelola dana, peralatan, dan aset lainnya. Ini memberikan keleluasaan kepada kita untuk mengalokasikan sumber daya dengan bijak, meningkatkan keseimbangan keuangan sekolah.

Digitalisasi bukanlah tujuan akhir, melainkan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan. Kami percaya, dengan bersama-sama mengintegrasikan teknologi ke dalam seluruh aspek kehidupan sekolah, kita tidak hanya mempersiapkan siswa untuk masa depan yang semakin digital, tetapi juga membuka peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Terima kasih kepada seluruh guru, staf, siswa, dan orang tua yang telah mendukung langkah-langkah ini. Bersama-sama, kita akan terus melangkah maju, membentuk generasi yang tidak hanya cakap dalam teknologi, tetapi juga bijaksana dalam menggunakannya.

Industri yang Berkerjasama Dengan SMK Putra Satria

Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

A 1.1 Kemampuan Menyusun dan Mencapai Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

A 1.2 Kemampuan Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah

A 2.1 Kemampuan Memimpin Sekolah

A 2.2 Kemampuan Menciptakan Budaya komunikasi / interaksi dan Hubungan Yang Harmonis

A 2.3 Kemampuan Menciptakan Budaya Bersih, Indah dan Tertib

A 2.4 Kemampuan Mengembangkan Budaya Literasi

A 3.1 Kemampuan Mengelola Kurikulum *)

A 3.2 Kemampuan menyediakan layanan pendidikan agama berdasarkan agama yang dianut siswa

A 3.3 Kemampuan Meningkatkan Kualitas pembelajaran di kelas

A 3.4 Kemampuan mewujudkan suasana kelas yang dinamis dan menyenangkan

A 3.5 Kemampuan Mengelola Kelas Khusus (Kelas Industri) *)

A 3.6 Kemampuan Mengelola Kelas Khusus (Kelas Wirausaha) *)

A 3.7 Kemampuan Mengelola Kelas Khusus Berbasis Produksi) *)

A 3.8 Kemampuan Mengelola Pembelajaran di Luar Kelas/Indsutri (PKL) *)

A 3.9 Kemampuan Meningkatkan Kualitas Penilaian Pembelajaran

A 3.10 Kemampuan Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pengayaan dan Remedial

A 4.1 Kemampuan Menerapkan Sistem Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

A 4.2 Kemampuan Meningkatkan Kompetensi Pendidik (Guru) Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran

A 4.3 Kemampuan Meningkatkan Inovasi dan Kreatifitas Guru

A 5.1 Kemampuan Mengelola Prasarana Sekolah

A 5.2 Kemampuan Memanfaatkan Sarana dan Prasarana Penunjang Proses Pembelajaran

A 5.3 Kemampuan Mengelola Prasarana Praktik Kejuruan *)

A 5.4 Kemampuan Mengelola Sarana Praktik Kejuruan *)

A 6.1 Mengembangkan Minat dan Bakat Peserta Didik

A 6.2 Memberikan pelayanan Bimbingan konseling dan Bimbingan Karir

A 7.1 Kemampuan mengembangkan karakter disiplin peserta didik

A 7.2 Kemampuan mengembangkan karakter religius peserta didik

A 7.3 Kemampuan mengembangkan karakter kerja keras, tangguh, dan tanggung jawab peserta didik

A 7.4 Kemampuan mengembangkan karakter kreatif peserta didik

A 7.5 Kemampuan mengkondisikan sekolah tidak terjadi perundungan-bullying

A 8.1 Mengembangkan kompetensi abad ke-21 bagi peserta didik

A 8.2 Kemampuan mengembangkan kompetensi peserta didik dalam mengekspresikan diri dan berkreasi

A 8.3 Kemampuan meningkatkan prestasi akademik peserta didik

A 8.4 Kemampuan meningkatkan kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi

A 8.5 Kemampuan meningkatkan kompetensi teknis peserta didik

A 9.1 Kemampuan menggali sumber dana pembiayaan dari pihak lain

A 9.2 Kemampuan mengelola pembiayaan secara transparan dan akuntabel

A 9.3 Kemampuan menerapkan PPK BLUD (Khusus SMK Negeri)

1. Kemampuan mengembangkan keprofesian berkelanjutan bagi pendidik (pendidik)

2. Pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi diri kepala sekolah

Yayasan Pendidikan Putra Satria

SMK PUTRA SATRIA

Jl. Ciledug Raya, No.46 Petukangan Utara, Pesanggrahan

Siswa Aktif
0
Alumni
0 K+
Guru & Karyawan
0 +
Rombel
0

"Manusia yang paling tinggi kedudukannya adalah mereka yang tidak melihat kedudukan dirinya. Dan manusia yang paling banyak memiliki kelebihan adalah mereka yang tidak melihat kelebihan dirinya." -Imam Asy Syafi'i Rahimahullah-