Penilaian Kinerja Kepala Sekolah 2024

Di antara amal terbaik seorang hamba adalah menjaga dan menunaikan amanah yang diembannya

Sejarah Singkat

Yayasan Pendidikan Putra Satria

Yayasan Pendidikan Putra Satria (YPPS) didirikan pada tahun 1988 oleh beberapa tokoh dan Pemuka Masyarakat di Petukangan. Salah seorang pencetus gagasan pendirian Yayasan Pendidikan Putra Satria adalah H. Zahruddin, yang mana beliau adalah anak dari Tokoh Pahlawan Silat Beksi yaitu H. Godzali. Setelah H. Zahruddin wafat, kepemimpinan YPPS dilanjutkan oleh sang Istri ‘Hj. Tati Sumiyati’ dengan ditemani oleh H. Balkan Kaplale yang pada waktu itu adalah Anggota DPR RI

Yayasan Pendidikan Putra Satria bergerak di bidang pendidikan. Pada awal pendirian sekolah Putra Satria memiliki tiga (3) jenjang diantaranya SMP, SMA, dan SMEA, Seiring berjalannya waktu jenjang SMEA diganti dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan untuk jenjang SMA sampai saat ini sudah tidak ada lagi. Kami sudah mencetak ribuan alumni yang menjadi generasi bangsa.

Tahun demi tahun SMP Putra Satria selalu mengalami perkembangan/ kemajuan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dari segi kualitas bisa diukur dari status akreditasi sekolah yang meningkat terus (terakhir status terakreditasi dengan nilai A), prestasi akademik maupun non akademik dari siswa-siswinya, serta fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah, dan lain sebagainya.

Dalam kiprahnya di dunia pendidikan, mulai dari sejak berdirinya sampai dengan saat ini, SMP Putra Satria telah berhasil mengukir berbagai prestasi terutama pada lingkup kecamatan dan kabupaten, baik prestasi akademik maupun non akademik

SMP Putra Satria

Cerdas Kreatif Beriman

SMP Putra Satria

Menuju Sekolah Digital

Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat, di mana teknologi menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, sebagai lembaga pendidikan, kita memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan siswa-siswa kita agar dapat bersaing di era digital ini. Oleh karena itu, SMK Putra Satria sedang mempersiapkan langkah progresif dengan mengadopsi digitalisasi dalam semua lapisan kehidupan sekolah.

Digitalisasi bukan hanya tentang mengadopsi teknologi, tetapi tentang bagaimana teknologi dapat menjadi alat untuk meningkatkan kualitas pendidikan, efisiensi operasional, dan interaksi di antara seluruh anggota komunitas sekolah. Dalam hal ini, kita tidak hanya menyentuh sektor pembelajaran, tetapi juga administrasi, komunikasi, dan manajemen sumber daya.

Dalam aspek pembelajaran, integrasi teknologi memberikan kesempatan bagi guru-guru kita untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan berbasis kreativitas. Materi pembelajaran yang dapat diakses secara daring memungkinkan siswa untuk belajar di mana saja dan kapan saja, sesuai dengan gaya belajar masing-masing. Kita telah melihat bagaimana teknologi membuka pintu untuk pembelajaran kolaboratif dan peningkatan motivasi siswa.

Dari segi administrasi, proses-proses yang sebelumnya memakan waktu dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efisien melalui sistem manajemen sekolah berbasis digital. Ini tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga memungkinkan kita untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting, yaitu peningkatan kualitas pendidikan.

Dalam hal komunikasi, digitalisasi memungkinkan kita untuk terhubung lebih dekat dengan orang tua siswa. Portal sekolah online, aplikasi pesan, dan platform komunikasi lainnya memudahkan kita untuk berbagi informasi, prestasi, serta kegiatan yang melibatkan orang tua secara lebih real-time dan terbuka.

Terakhir, namun tidak kalah penting, dalam manajemen sumber daya, teknologi membantu kita untuk lebih efektif dalam mengelola dana, peralatan, dan aset lainnya. Ini memberikan keleluasaan kepada kita untuk mengalokasikan sumber daya dengan bijak, meningkatkan keseimbangan keuangan sekolah.

Digitalisasi bukanlah tujuan akhir, melainkan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan. Kami percaya, dengan bersama-sama mengintegrasikan teknologi ke dalam seluruh aspek kehidupan sekolah, kita tidak hanya mempersiapkan siswa untuk masa depan yang semakin digital, tetapi juga membuka peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Terima kasih kepada seluruh guru, staf, siswa, dan orang tua yang telah mendukung langkah-langkah ini. Bersama-sama, kita akan terus melangkah maju, membentuk generasi yang tidak hanya cakap dalam teknologi, tetapi juga bijaksana dalam menggunakannya.

Rubrik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

Yayasan Pendidikan Putra Satria

SMP PUTRA SATRIA

Jl. Ciledug Raya, No.46 Petukangan Utara, Pesanggrahan

Siswa Aktif
0
Alumni
0 K+
Guru & Karyawan
0 +
Rombel
0

"Manusia yang paling tinggi kedudukannya adalah mereka yang tidak melihat kedudukan dirinya. Dan manusia yang paling banyak memiliki kelebihan adalah mereka yang tidak melihat kelebihan dirinya." -Imam Asy Syafi'i Rahimahullah-